Beranda Nasional “GreatEdu”Munculkan Crowd Learning Dunia Pendidikan

“GreatEdu”Munculkan Crowd Learning Dunia Pendidikan

60
0

 

Lensanaga.com – Jakarta – Periode Industri 4.0 kini masih menjadi sebuah tantangan bagi Indonesia dalam mengembangkan sektor-sektor usahanya. Jelas saja, pada periode ini, gelombang revolusi industri yang didorong dengan teknologi berbasiskan robotisasi dan otomasi akan melanda berbagai sektor industri di Indonesia.

Dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakara (UNJ), Robert Edy Sudarwan CEO & Founder GreatEdu melihat bahwa periode revolusi industri 4.0 ini adalah sebuah tantangan bagi Indonesia untuk dapat meningkatkan kualitas keterampilan tenaga kerja dengan perkembangan teknologi digital. Ia melihat bahwa perkembangan teknologi bukan hanya mehilangkan pekerjaan-pekerjaan mainstream, tetapi juga menumbuhkan jenis pekerjaan baru.

Seperti dikutip dari Indonesia Jobs Outlook 2007, setidaknya 75 hingga 375 juta tenaga kerja global telah beralih profesi. Hal itu mendorong diperlukannya pemahaman baru akan penggunaan teknologi pada masa kini.

“Seperti kita tahu, pekerjaan manusia itu semakin lama dapat digantikan oleh teknologi. Tapi, jangan lupa juga kalau ada profesi-profesi yang dulu tidak terpikirkan oleh kita dan sekarang dilakukan oleh kaum milenial.” Ujar Robert Edy Sudarwan saat menyampaikan materi mengenai technopreneurship di Era Industri 4.0.

Menurut Edy, dalam perkembangannya, kini dikenal istilah technopreneurship yang memadukan kewirausahaan atau bisnis dengan teknologi. Jenis usaha ini dinilainya lebih tepat bagi generasi milenial.

Dalam seminar tersebut, Robert Edy Sudarwan memberikan setidaknya empat trik dalam mengembangkan technopreneurship. Empat poin itu adalah dengan menemukan suatu bisnis yang berkaitan dan berasal dari kebutuhan masyarakat, lalu memiliki kepercayaan diri dalam mengembangkan ide dan inspirasi dalam usaha, memiliki perencanaan yang matang, serta memiliki valueyang kuat pada produk.

Selain dirinya, seminar tersebut juga mendiskusikan mengenai pendidikan vokasi di era industri 4.0 bersama Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd. selaku Wakil Direktur I Pascasarjana UNJ, dan peluang pekerjaan dalam sektor energi Indonesia bersama Kepala PPSDM Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Wahid Hasyim.

Tentang GreatEdu

GreatEdu adalah perusahaan teknologi pendidikan berbasis platform digital. Kini GreatEdu tumbuh dan berkembang menjadi education mobile platform yang hadir dengan ragam fitur pendidikan yang lengkap mengusung tema Digital Crowd Learning. Di dalamnya terdapat fitur bimbingan belajar (GreatPrivate), Forum Diskusi (GreatForum), Informasi dunia pendidikan (GreatInfo) dan Materi pembelajaran (GreatPedia) serta fitur lain yang saat ini sedang dalam proses riset dan pengembangan. Berkumpul dan berkolaborasi menjadi aktifitas bersama yang dapat dilakukan oleh member tutor dan murid, dari proses tersebut menghasilkan benefit yang yang di dapat oleh semua pengguna.

Konsep Crowd Learning merupakan konsep pertama dalam dunia pendidikan yang dimunculkan oleh GreatEdu, kemasan platform digital pendidikan menjadikan kolaborasi menjadi lebih mudah. Setiap orang dapat berbagi pengetahuan dan dapat mengakses pengetahuan dengan mudah. GreatEdu menjadi sarana dalam membentuk ekosistem pendidikan yang ke depan akan menjadikannya sebagai Home for All Education Needs.

Platform ini disiapkan untuk menjadi sarana berkumpulnya insan-insan pendidikan. Dari mulai guru, siswa, praktisi dan semua yang memiliki interest di dunia pendidikan. Membangun ekosistem pendidikan menjadi suatu role model, untuk melakukan konektifitas. Batas ruang dan waktu menjadi hilang dengan adanya platform digital yang di bentuk. Semua terintegrasi menjadi satu wadah. Semua bisa memberi manfaat dan mengambil manfaat. (Red/Whd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here